Penelitian ini mengkaji relevansi dan dampak implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Pendidikan Karakter pada peserta didik sekolah dasar. Penelitian bertujuan mengeksplorasi integrasi keduanya, strategi implementasi serta dampaknya pada perkembangan karakter dan kemampuan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan literatur review. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneliatian ini adalah wawancara, observasi, serta studi dokumentasi terkait Integrasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Pendidikan Karakter. Teknik analisis data dalam penelitian ii adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Pendidikan Karakter memberikan kontribusi dalam pengembangan dan pembentukkan karakter peserta didik seperti akhlak, kreativitas, dan tanggung jawab. Namun, di era ini implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dinilai lebih unggul dalam mengembangkan karakter peserta didik secara holistik karena menggabungkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Akan tetapi, keberhasilan program ini juga memerlukan pelatihan pendidik, perencanaan matang, dan dukungan sumber daya.
Copyrights © 2024