Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan perubahan kurikulum PPKn di era digital, khususnya dalam penggunaan media pembelajaran di kelas 4 salah satu Sekolah Dasar daerah Surakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan Teknik pengumpulan data yang digunakan,yaitu studi dokumentasi,kajian literatur,observasi,dan wawancara. Penelitian ini juga untuk mengetahui kesiapan dan kemampuan guru dalam mengembangkan serta menggunakan media pembelajaran berbasis digital di mata pelajaran PPKn sesuai dengan tuntutan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka. Penelitian yang telah dilakukan ini digunakan juga untuk menganalisis tentang dukungan dan hambatan dari pihak sekolah serta sarana dan prasarana yang mendukung pengembangan media pembelajaran digital dalam pembelajaran PPKn di sekolah dasar. Melalui hasil analisis peneliti dapat memberikan rekomendasi untuk mengatasi tantangan yang ditemukan, guna meningkatkan kualitas pengembangan media pembelajaran PPKn yang relevan di era digital pada kurikulum merdeka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024