Cendikia Pendidikan
Vol. 9 No. 10 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

MNEMONIK: KUNCI AJAIB MEMBUKA PINTU MEMORI JANGKA PANJANG DALAM PEMBELAJARAN PPKN SD

Nurlaely Wulan Rahmawati (Unknown)
Rosita Putri Damayanti (Unknown)
Selvyana Mahita Sari (Unknown)
Deni Zein Tarsidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengembangan daya ingat peserta didik di Sekolah Dasar Kota Surakarta, dengan fokus pada rendahnya retensi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Melalui pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, data dikumpulkan dengan cara wawancara bersama guru kelas 4, observasi, dan analisis dokumentasi, termasuk gambar dan video pembelajaran. Hasil penelitian menemukan beberapa kendala, seperti beban kerja guru yang berat, keterbatasan media pembelajaran, dan kurangnya partisipasi aktif siswa. Selain itu, perubahan kurikulum yang sering juga mempengaruhi daya ingat peserta didik. Untuk mengatasi masalah ini, solusi yang diterapkan meliputi penggunaan media teknologi interaktif, pembentukan kelompok kerja untuk kolaborasi guru, dan metode pembelajaran yang mendorong kreativitas siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pengajaran yang lebih efektif di lingkungan pendidikan dasar, serta menjadi acuan bagi guru dan pengelola sekolah dalam merancang program pembelajaran yang lebih baik dan relevan dengan kebutuhan peserta didik saat ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...