Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi soal-soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam kurikulum Fiqih untuk siswa kelas sembilan di Madrasah Tsanawiyah. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, analisis yang dilakukan meliputi analisis isi dari materi penilaian yang ada, dengan fokus pada penyelarasan soal dengan kriteria HOTS. Pengumpulan data meliputi wawancara dengan para pendidik dan analisis dokumen ujian dan tugas untuk memastikan pemahaman yang komprehensif tentang jenis-jenis soal yang digunakan dalam kurikulum. Temuan penelitian ini mengungkap jumlah soal HOTS yang terbatas, yang menyoroti dominasi soal-soal tingkat rendah yang terutama menilai hafalan dan pemahaman. Lebih jauh, para pendidik menyatakan kurangnya pelatihan dan sumber daya untuk mengembangkan penilaian berbasis HOTS yang efektif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan kualitas penilaian dalam mata pelajaran Fiqih memerlukan pengembangan profesional yang terarah bagi para guru dan tinjauan kurikulum untuk mengintegrasikan lebih banyak peluang berpikir kritis dan pemecahan masalah. Penelitian ini memberikan wawasan bagi para pengembang kurikulum dan pendidik untuk menumbuhkan lingkungan belajar yang lebih menarik dan merangsang intelektual dalam pendidikan Islam.
Copyrights © 2024