Penggunaan kecerdasan buatan (AI) pada masa modern saat ini semakin relevan dalam membantu pekerjaan khususnya pada bidang pendidikan dan pembelajaran. Artikel ini membahas mengenai penggunaan AI dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar. Tujuan dari penyusunan artikel ini adalah untuk mengetahui penggunaan AI sebagai alternatif untuk menunjang guru dalam menyiapkan materi Pendidikan Pancasila di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan artikel ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh adalah Penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam menentukan materi Pendidikan Pancasila dapat membawa inovasi yang signifikan dalam pembelajaran dengan menyediakan kurikulum yang lebih adaptif, relevan, dan terarah. Meskipun begitu, tentu terdapat kelebihan maupun kekurangan dalam penggunaan AI. Walaupun penggunaan AI saat ini dalam bidang pendidikan sedang marak, peran guru tetap tidak dapat tergantikan. Maka dari itu, diperlukan integrasi yang tepat antara teknologi dan peran guru dalam proses pembelajaran demi terciptanya keseimbangan yang optimal.
Copyrights © 2024