Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penilaian autentik dalam proses perkuliahan di prodi pendidikan agama islam Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Dan mengidentifikasi persepsi dosen serta mahasiswa tentang dampak dari penilaian autentik terhadap kualitas hasil belajar mahasiswa. Penilaian autentik pada dasarnya berfokus pada keseimbangan antara penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sesuai dengan perkembangan karakteristik siswa. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Terdapat hambatan yang di alami oleh dosen Universitas Sultan Maulana Hasanuddin Banten dalam proses pelaksanaan penilaian autentik yaitu hambatan teknis, konseptual, praktis, dan lingkungan. 2) Mahasiswa Universitas Sultan Maulana Hasanuddin Banten secara umum merespons positif terhadap penerapan metode penilaian autentik. Hasil penelitian juga mengindikasikan bahwa metode ini mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa Universitas Sultan Maulana Hasanuddin Banten terhadap materi pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024