Penilaian afektif, yang mencakup sikap, minat, nilai, dan emosi, merupakan aspek penting dalam proses pembelajaran yang seringkali kurang mendapat perhatian yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi penilaian afektif dalam proses perkuliahan di UIN SMH Banten. Penelitian ini relevan dilakukan mengingat pentingnya pengembangan aspek afektif mahasiswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang holistik. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dapat dilaksanakan dalam berbagai situasi, menggunakan beragam sumber, dan dengan beragam metode. Dalam pengambilan data pada penelitian ini diperlukan seorang informan sebagai sumber informasi yang dapat memberikan keterangan-keterangan yang dibutuhkan secara akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mahasiswa umumnya menghargai keberagaman metode penilaian yang diterapkan pada setiap proses pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa mahasiswa memiliki harapan yang tinggi terhadap implementasi penilaian afektif. Mereka mengharapkan adanya lebih banyak kegiatan yang dapat mengembangkan sikap positif, minat belajar, dan nilai-nilai keagamaan.
Copyrights © 2024