Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII MTs Darul Ulum Budi Agung melalui penerapan metode Problem Based Learning (PBL). Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur yang ditunjukkan dengan kesulitan dalam menyusun langkah-langkah secara sistematis dan penggunaan bahasa yang kurang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Peningkatan ini dicapai melalui implementasi PBL yang mendorong siswa untuk aktif memecahkan masalah nyata dalam pembelajaran, juga meningkatkan keterampilan menulis secara sistematis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTs Darul Ulum Budi Agung.
Copyrights © 2024