Cendikia Pendidikan
Vol. 10 No. 5 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR MELALUI METODE PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA SISWA KELAS VII MTS DARUL ULUM BUDI AGUNG

Fatimah Azzahra Dalimunthe (Unknown)
Syarifah Widya Ulfa (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII MTs Darul Ulum Budi Agung melalui penerapan metode Problem Based Learning (PBL). Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur yang ditunjukkan dengan kesulitan dalam menyusun langkah-langkah secara sistematis dan penggunaan bahasa yang kurang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Peningkatan ini dicapai melalui implementasi PBL yang mendorong siswa untuk aktif memecahkan masalah nyata dalam pembelajaran, juga meningkatkan keterampilan menulis secara sistematis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII MTs Darul Ulum Budi Agung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...