Cendikia Pendidikan
Vol. 10 No. 5 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan

PROFESIONALISME GURU PERSPEKTIF KH. HASYIM ASY’ARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM

Moh. Rofiqi (Unknown)
Muhammad Firdaus (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Profesionalisme pendidik merupakan salah satu pilar penting dalam sistem pendidikan. Penelitian ini berfokus pada penggalian konsep karakter pendidik profesional melalui telaah kitab Adabul Alim Wal Muta'allim karya KH. Hasyim Asy'ari. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan kajian pustaka (library research), penelitian ini mengidentifikasi kriteria pendidik profesional yang ideal, mencakup karakter bagi diri sendiri, metode pengajaran yang efektif, dan sikap terhadap peserta didik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru dalam pengembangan profesionalisme guru di Indonesia, dengan menekankan relevansi nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Adabul Alim Wal Muta'allim dan urgensi akhlak dalam pembentukan karakter pendidik yang berdedikasi bagi kemajuan bangsa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...