This research aims to find out how learning facilities are utilized in the effective learning process at Mts Muhammadiyah 16 Sei Rampah. The learning process is one of the activities carried out within the school environment. Effective learning can be carried out if everything needed in the learning process is met. Learning facilities are the main component in realizing an effective learning process. This research was conducted using qualitative research methods. Data was collected through observation, interviews and documentation carried out directly in the field. This research concludes that the use of learning facilities can not only support an effective learning process, but can also obtain and improve academic results and student skills. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan fasilitas belajar dalam proses pembelajaran efektif di Mts Muhammadiyah 16 Sei Rampah. Proses pembelajaran merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan didalam lingkungan sekolah. Pembelajaran yang efektif dapat dilakukan apabila segala sesuatu yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran dipenuhi. Fasilitas belajar merupakan komponen utama dalam terwujudnya proses pembelajaran efektif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi, wawancara serta dokumentasi yang dilakukan secara langsung di lapangan. Penelitianini menyimpulkan bahwa pemanfaatan fasilitas belajar tidak hanya dapat mendukung proses pembelajaran efektif saja, akan tetapi juga dapat memperoleh dan meningkatkan hasil akademik serta keterampilan siswa.
Copyrights © 2024