Cendikia Pendidikan
Vol. 11 No. 7 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

ANALISIS PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI PROJECT-BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR

Ahmad Arif Fadilah (Unknown)
Ahmad Nazrian Nico (Unknown)
Orin Wiyanti (Unknown)
Revala Wilya Dwi Sulanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2025

Abstract

Abstrak Studi ini mengeksplorasi tantangan yang berkembang dalam menciptakan sistem pendidikan yang inovatif dan relevan, dengan fokus pada Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) sebagai model signifikan yang mempromosikan pengalaman belajar yang aktif dan kolaboratif. Penelitian ini menekankan peran penting guru dalam efektivitas PjBL, menyoroti tanggung jawab mereka tidak hanya dalam menyampaikan konten tetapi juga dalam membina lingkungan belajar yang memotivasi dan menginspirasi bagi siswa. Guru sangat penting dalam merancang, menerapkan, dan mengevaluasi proyek yang meningkatkan pengalaman belajar siswa. Keberhasilan implementasi PjBL bergantung pada pemahaman guru tentang konsep dan kemampuan mereka dalam memilih proyek yang selaras dengan kurikulum dan karakteristik unik siswanya. Studi ini menggarisbawahi pentingnya guru sebagai garda terdepan pendidikan, mengadvokasi keterlibatan aktif mereka dalam menciptakan suasana belajar yang menarik yang mendukung pendekatan PjBL. Temuan menunjukkan bahwa keterlibatan guru yang efektif sangat penting untuk memaksimalkan manfaat pembelajaran berbasis proyek, yang pada akhirnya mengarah pada peningkatan hasil pendidikan bagi siswa. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL). Peran Guru, Sistem Pembelajaran Inovatif, Pembelajaran Kolaboratif Abstract This study explores the growing challenges in creating innovative and relevant educational systems, focusing on Project-Based Learning (PjBL) as a significant model that promotes active and collaborative learning experiences. The research emphasizes the critical role of teachers in the effectiveness of PjBL, highlighting their responsibilities not only in delivering content but also in fostering a motivating and inspiring learning environment for students. Teachers are pivotal in designing, implementing, and evaluating projects that enhance students' learning experiences. The success of PjBL implementation is contingent upon teachers' understanding of the concept and their ability to select projects that align with the curriculum and the unique characteristics of their students. This study underscores the importance of teachers as the frontline of education, advocating for their active involvement in creating engaging learning atmospheres that support the PjBL approach. The findings indicate that effective teacher engagement is essential for maximizing the benefits of project-based learning, ultimately leading to improved educational outcomes for students Keywords: Project-Based Learning (PjBL), Teacher Role, Innovative Learning Systems, Collaborative Learning, Educational Outcomes

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...