Abstrak Supervisi pendidikan memegang peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, termasuk di SMA Sunan Giri Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran supervisi pendidikan dalam memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kompetensi guru, serta dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan kepala sekolah, guru, dan pengawas pendidikan di SMA Sunan Giri Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi pendidikan yang efektif mampu meningkatkan kualitas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Supervisi juga berperan dalam mengembangkan keterampilan profesional guru melalui bimbingan, pelatihan, dan umpan balik konstruktif. Dampaknya terlihat pada peningkatan motivasi guru, suasana kelas yang lebih interaktif, dan hasil belajar siswa yang lebih baik. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan frekuensi supervisi yang bersifat kolaboratif dan berkelanjutan untuk menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025