Cendikia Pendidikan
Vol. 11 No. 9 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

PERAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMA SUNAN GIRI GRESIK

Novalraya Wahyu Widodo (Unknown)
Mutiara Cintia Iriani (Unknown)
Alycia Nazwa Dei Az-Zahra (Unknown)
Muhammad Daffa Aliffian (Unknown)
Ayu Wulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2025

Abstract

Abstrak Supervisi pendidikan memegang peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, termasuk di SMA Sunan Giri Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran supervisi pendidikan dalam memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kompetensi guru, serta dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan kepala sekolah, guru, dan pengawas pendidikan di SMA Sunan Giri Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi pendidikan yang efektif mampu meningkatkan kualitas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Supervisi juga berperan dalam mengembangkan keterampilan profesional guru melalui bimbingan, pelatihan, dan umpan balik konstruktif. Dampaknya terlihat pada peningkatan motivasi guru, suasana kelas yang lebih interaktif, dan hasil belajar siswa yang lebih baik. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan frekuensi supervisi yang bersifat kolaboratif dan berkelanjutan untuk menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...