Cendikia Pendidikan
Vol. 11 No. 11 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

URGENSI STUDY HISTORY SHEET (SHS) PADA PEMBELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH ASY-SYIFA BALIKPAPAN

Anwar, Muhammad Nur (Unknown)
Yusuf, Iskandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi Study History Sheet (SHS) pada pembelajaran fikih terhadap hasil belajar peserta didik Madrasah Aliyah Asy-Syifa Balikpapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian adalah: 1) Study History Sheet (SHS) berfungsi memantau proses berpikir peserta didik dalam mengkonstruk konsep yang ditemukan selama pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. 2) Lembar Study History Sheet (SHS) memudahkan peserta didik dalam merangkum materi dan mempelajari kembali materi yang telah dipelajari. 3) Study History Sheet (SHS) meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran konseptual seperti hukum-hukum, teori, teknik dan metode. This research aims to determine the effect of the Study History Sheet (SHS) in Fikih subject on the learning outcomes of Madrasah Aliyah Asy-Syifa Balikpapan students. This research uses a qualitative descriptive approach with data collection techniques in the form of observation and interviews. The results of the research are: 1) The Study History Sheet (SHS) functions to monitor students' thinking processes in constructing concepts discovered during learning so that they can improve learning outcomes. 2) Study History Sheet (SHS) makes it easier for students to summarize the material and review what they have studied. 3) Study History Sheet (SHS) improves students’ learning outcomes in conceptual learning such as laws, theories, techniques and methods.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...