Cendikia Pendidikan
Vol. 12 No. 2 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

ANALISIS STRATEGI PRAKTIK PEMBIASAN DAN KEBIASAAN POSITIF DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR SIKKA (SKB)

Anselma Dae (Unknown)
Sari Puspitawati (Unknown)
Katharina Woli Namang, M. Pd (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik-praktik pembiasaan positif di Sanggar Kegiatan Belajar Sikka. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan dengan bentuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini di peroleh dari guru pamong yang mengajar di Sanggar Kegiatan Belajar Sikka. Dalam mengumpulkan data penelitian melakukan observasi langsung, teknik komunitas langsung, dan dokumentasi. Alat yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan bahwa ada beberapa strategi praktik pembiasan dan kebiasaan positif di SKB yaitu adanya saling sapa menyapa antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru pamong atau guru tutor, ketika guru memasuki kelas, siswa diharapkan bersiap untuk memberikan salam dan memanjatkan doa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...