Oryza : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 13 No 2 (2024): ORYZA: Jurnal Pendidikan Biologi

Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Berbasis Augmented Reality Pada Materi Sel Di Kelas XI SMA Negeri 1 Tibawa

Tamboo, Cicin Igirisa (Unknown)
Mardin, Herinda (Unknown)
Husain, Ilyas (Unknown)
Ibrahim, Mustamin (Unknown)
Usman, Nurul Fajriyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan kepraktisan media pembelajaran flashcard berbasis Augmented Reality pada materi sel di kelas XI SMA Negeri 1 Tibawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan yang sampai pada tahap development dengan uji coba terbatas. Hasil penellitian menujukkan bahwa keval__idan media pembelajaran flashcard berbasis Augmented Reality pada materi sel memproleh persentase 90% ahli materi dan 74% ahli media yang jika dirata-ratakan mendapatkan persentase 83% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran dilihat melalui hasil angket respon guru memproleh rata-rata 98%, angket respon peserta didik 89% dan angket keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa semua aspek terlaksana dengan baik sehingga memperoleh persentase 100%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flashcard berbasis Augmented Reality materi sel dinyatakan valid dan praktis sehingga layak digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran biologi khususnya materi sel.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

OZ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Bima, memuat artikel hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang pendidikan dan ...