Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMAN 1 Gunungsari pada pelajaran termokimia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 113 siswa kelas XI IPA 1 – XI IPA 4. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berbentuk soal kemampuan berpikir kritis sebanyak 16 soal valid dengan reliabilitas sebesar 0,55 (kategori sedang). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa sebagian besar (50%) termasuk kategori sedang (nilai 42 -58). Pada kelas XI IPA 3 memperoleh nilai paling tinggi sebesar 69% dengan kategori tinggi, kelas XI IPA 2 memperoleh nilai tertinggi kedua sebesar 80% dengan kategori sedang, kelas XI IPA 4 memperoleh nilai tertinggi ketiga sebesar 73% dengan kategori sedang, dan kelas XI IPA 1 diperoleh nilai paling rendah sebesar 54% dengan kategori sangat rendah. Hasil analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada setiap indikator menunjukkan bahwa indikator merumuskan masalah, memberikan argumen, melakukan deduksi, melakukan induksi, melakukan evaluasi, dan menentukan keputusan pada kategori sedang (Nilai 42 – 54) sedangkan indikator melakukan tindakan pada kategori rendah (Nilai 41) .
Copyrights © 2024