Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap sikap gotong royong dan kreativitas siswa kelas VII di SMPN 3 Rupat Utara. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group untuk menilai perbedaan hasil pembelajaran antara dua kelompok siswa yang berbeda. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas VII yang dibagi menjadi dua kelas: kelas eksperimen yang menerapkan model PjBL dan kelas kontrol yang mengikuti metode pengajaran tradisional atau konvensional. Data dikumpulkan melalui kombinasi observasi, angket, dan tes kreativitas untuk memberikan gambaran komprehensif tentang sikap gotong royong dan kemampuan kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL secara signifikan meningkatkan sikap gotong royong dan kreativitas siswa. Secara khusus, model PjBL mendorong partisipasi aktif dan kolaborasi yang lebih baik di antara siswa selama tugas kelompok, serta menginspirasi mereka untuk menghasilkan ide-ide yang lebih inovatif dan kreatif dibandingkan dengan siswa di kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Temuan ini menyoroti potensi model PjBL dalam meningkatkan kerjasama tim dan kreativitas di kelas, serta berkontribusi pada lingkungan belajar yang lebih dinamis dan menarik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024