Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap minat dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VIII SMPN 2 Bantan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari 62 siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan media video pembelajaran terhadap minat belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Pada kelas eksperimen, rata-rata nilai pretest minat belajar adalah 10,52 dan meningkat menjadi 17,32 pada posttest, sedangkan kelas kontrol meningkat dari 11,55 pada pretest menjadi 15,52 pada posttest. Kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen meningkat dari nilai rata-rata 61,90 pada pretest menjadi 85,58 pada posttest, sedangkan pada kelas kontrol meningkat dari 63,39 pada pretest menjadi 66,23 pada posttest. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Uji independent sample t-test menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol pada posttest, baik untuk minat belajar maupun kemampuan berpikir kritis (p < 0,05). Penelitian ini menyimpulkan bahwa media video pembelajaran efektif dalam meningkatkan minat dan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS. Oleh karena itu, disarankan kepada guru untuk memanfaatkan media video pembelajaran sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS.
Copyrights © 2024