Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pembelajaran materi bola besar terhadap tingkat kebugaran jasmani dan aktivitas fisik siswa kelas V di SDN 42 Bengkalis. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen lapangan, yang merupakan uji coba yang dilakukan secara sistematik di lapangan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest one group design atau lebih dikenal dengan istilah treatments by subject design. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas V yang dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran materi bola besar dan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data meliputi tes kebugaran jasmani dan kuesioner aktivitas fisik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t untuk melihat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada tingkat kebugaran jasmani dan aktivitas fisik siswa di kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Pembelajaran materi bola besar terbukti efektif dalam meningkatkan kebugaran jasmani dan aktivitas fisik siswa kelas V SDN 42 Bengkalis. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi guru pendidikan jasmani dalam merancang program pembelajaran yang dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024