Educandumedia: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
Vol. 3 No. 3 (2024): Desember 2024

PRINSIP-PRINSIP FILSAFAT ILMU DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR

Dani Syahpitri Ginting (Unknown)
Hanum, Fadila (Unknown)
Vionita, Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Kurikulum Merdeka yang diterapkan di sekolah dasar menuntut pemahaman mendalam tentang filsafat ilmu untuk menciptakan pembelajaran yang relevan, adaptif, dan kritis. Kajian literatur ini mengidentifikasi dan mengkaji prinsip-prinsip utama filsafat ilmu dalam konteks penerapan Kurikulum Merdeka di tingkat pendidikan dasar. Dengan menganalisis 20 jurnal terpilih, artikel ini mengeksplorasi pendekatan epistemologis, ontologis, dan aksiologis dalam filsafat ilmu yang mendasari pelaksanaan kurikulum ini. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip filsafat ilmu dapat membantu dalam membangun kemampuan berpikir kritis, kebebasan akademis, dan pemahaman yang lebih mendalam bagi siswa. Artikel ini memberikan panduan praktis bagi pendidik dalam mengintegrasikan prinsip-prinsip tersebut untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai dengan tujuan Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educandumedia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Educandumedia merupakan wadah yang dibentuk untuk memberikan fasilitas kepada para akademisi menerbitkan tulisannya. Spesifikasi kajian yang akan diterbitkan pada jurnal educandumedia adalah pembahasan tentang pendidikan dan kependidikan. Jurnal Educanmedia diterbitkan oleh Yayasan Insan ...