cover
Contact Name
Ahmad Syarqawi
Contact Email
syarqawinasution@gmail.com
Phone
+6285376744230
Journal Mail Official
educandumedia@gmail.com
Editorial Address
Jalan Baru, Gg Keluarga, Kel Tembung, Kec Medan Tembung, Medan-Sumatera Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Educandumedia: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
ISSN : -     EISSN : 28305140     DOI : DOI: https://doi.org/10.61721/educandumedia
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Educandumedia merupakan wadah yang dibentuk untuk memberikan fasilitas kepada para akademisi menerbitkan tulisannya. Spesifikasi kajian yang akan diterbitkan pada jurnal educandumedia adalah pembahasan tentang pendidikan dan kependidikan. Jurnal Educanmedia diterbitkan oleh Yayasan Insan Cipta Medan. Tulisan yang dikirimkan dapat berbentuk hasil penelitian atau kajian kepustakaan yang dilakukan melalui prosedur ilmiah. Jurnal educandumedia akan diterbitkan secara berkala yaitu tiga kali dalam satu tahun yang terdiri pada bulan januari-April, Mei-Agustus dan September-Desember. Artinya jurnal Educandumedia diterbitkan 3 kali dalam setahun. Dalam proses penerbitannya, melalui langkah-langkah yang telah ditentukan, yaitu proses pengiriman naskah, perbaikan sesuai saran penyunting ahli dan proses penerbitan tulisan pada jurnal educandumedia.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 65 Documents
PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN TERHADAP KOMPETENSI GURU MENGAJAR DI MTs SWASTA DEWANTARA BATU VI KEBUN BALOK KECAMATAN WAMPU KABUPATEN LANGKAT Hemawati; Rabitah Hanum Hsb; Ade Irmaely Yunita
Educandumedia: Jurnal Ilmu pendidikan dan kependidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Agustus 2022
Publisher : Yayasan Insan Cipta Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61721/educandumedia.v1i1.1

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan terhadap kompetensi guru mengajar di MTs Swasta Dewantara Batu VI Kebun Balok Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa angket. Populasi sebanyak 56 siswa dan sampel ditetapkan seluruh siswa sejumlah 56 orang. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan dikonsultasikan dengan uji z. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa Latar belakang pendidikan guru berpengaruh terhadap kompetensi guru mengajar di MTs Swasta Dewantara Batu VI Kebun Balok Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat yang dibuktikan melalui analisis korelasi product moment yang diperoleh nilai 0,59 dengan tingkat kategori sedang, dan juga analisis uji z yang diperoleh nilai zhitung 4,37 yang kemudian dikonsultasikan dengan ztabel yang diperoleh dari tabel distribusi student z dengan taraf signifikan (α) = 5 % atau 0,05 dan diketahui bahwa nilai zhitung ternyata lebih besar dari nilai ztabel yaitu 4,37 > 1,64 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima
PENGARUH METODE STORY TELLING TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI RA BAITULIBADAH KELURAHAN SUKA RAMAI KECAMATAN BINJAI BARAT KOTA BINJAI Emi Siswanti
Educandumedia: Jurnal Ilmu pendidikan dan kependidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Agustus 2022
Publisher : Yayasan Insan Cipta Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61721/educandumedia.v1i1.2

Abstract

Pembentukan karakter pada anak usia dini dengan memaksimalkan potensi-potensi yang ada di dalam diri anak adalah suatu hal yang sangat penting. Maka dari itu, sebagai orangtua dan pendidik janganlah mematikan potensi dan kreativitas anak disebabkan karena ketidaktahuan mereka. Agar masalah pembentukan karakter tersebut dapat teratasi maka guru harus menggunakan metode story telling tentang karakter kepada peserta didik dalam kegiatan pembelajarannya. Berdasarkan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pertama penggunaan metode story telling pada anak usia dinikelompok B di RA Baitul Ibadah Kelurahan Suka Ramai Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai. Kedua, Pembentukan karakter anak usia dini kelompok B di RA Baitul Ibadah Kelurahan Suka Ramai Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai. Ketiga, pengaruh metode story telling terhadap pembentukan karakter anak usia dini kelompok B di RA Baitul Ibadah Kelurahan Suka Ramai Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa RA Baitul Ibadah kelompok B Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 60 orang. Sampel penelitian ini adalah 60 orang siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari Storry telling (X) dan pembentukan karakter sebagai variabel (Y). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Metode story telling di RA Baitul Ibadah Kelurahan Suka Ramai Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai yang diperoleh yaitu P = 72,30 %. Kedua, Pembentukan karakter anak usia dini kelompok B di RA Baitul Ibadah Kelurahan Suka Ramai Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai dapat dikatakan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai yang diperoleh yaitu P = 68,33 %. Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode story telling dengan pembentukan karakter anak usia dini kelompok B di RA Baitul Ibadah Kelurahan Suka Ramai Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi (r) yang menunjukkan tingkat korelasi antara variabel X (metode story telling) dan variabel Y (pembentukan karakter anak usia dini kelompok B sebesar r = 0,51 dengan tingkat korelasi tinggi. Dari nilai Z hitung yaitu 3,91 dan Z tabel yaitu 1,64 maka diperoleh nilai Z hitung >Z tabel (3,91> 1,64), maka H0 ditolak atau Ha diterima yang dapat disimpulkan bahwa bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode story telling dengan pembentukan karakter anak usia dini kelompok B di RA Baitul Ibadah Kelurahan Suka Ramai Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai.
PENGARUH KEGIATAN BERMAIN BONGKAR PASANG TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ZAHRATUL HAYAH KELURAHAN BINJAI ESTATE KECAMATAN BINJAI SELATAN KOTA BINJAI Dika Purnama Sari
Educandumedia: Jurnal Ilmu pendidikan dan kependidikan Vol. 3 No. 1 (2024): April 2024
Publisher : Yayasan Insan Cipta Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61721/educandumedia.v3i1.3

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini, kegiatan bermain bongkar pasang merupakan unsur penting yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir anak dalam menciptakan suatu ide/gagasan dan dapat meningkatkan imajinasi anak sehingga kreativitas anak akan berkembang baik. Kreativitas merupakan kemampuan berfikir seseorang untuk melahirkan gagasan yang baru atau menghasilkan pemecahan masalah yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan kegiatan bermain bongkar pasang anak usia 5-6 tahun di RA Zahratul Hayah Kelurahan Binjai Estate Kecamatan Binjai Selatan Kota Binjai, (2) perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di RA Zahratul Hayah Kelurahan Binjai Estate Kecamatan Binjai Selatan Kota Binjai, (3) pengaruh yang signifikan kegiatan bermaian bongkar pasang terhadap perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di RA Zahratul Hayah Kelurahan Binjai Estate Kecamatan Binjai Selatan Kota Binjai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa usia 5-6 di RA Zahratul Hayah Kelurahan Binjai Estate Kecamatan Binjai Selatan Kota Binjai tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 26 orang. Dan sampel penelitian ini adalah 26 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kegiatan bermain bongkar pasang variabel (X) dan perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun variabel (Y). Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang signifikan antara (1) kegiatan bermain bongkar pasang di RA Zahratul Hayah dapat dibuktikan dengan nilai yang diperoleh yaitu P = 75,57%. (2) Perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di RA Zahratul Hayah dapat dibuktikan dengan nilai yang diperoleh yaitu P = 77.01%. (3) Pengaruh kegiatan bermain bongkar pasang terhadap perkembangan kreativitas anak di RA Zahratul Hayah Kelurahan Binjai Estate Kecamatan Binjai Selatan Kota Binjai yang dibuktikan dengan nilai = 0,74, (dengan tingkat korelasi yang tinggi). Dari perhitungan di atas diperoleh thitung = 5,38 selanjutnya thitung dikonfirmasikan ke ttabel= 1,70. Dari nilai t hitung dan t tabel yang diperoleh di atas dapat disimpulkan bahwa t hitung >t tabel, maka H0 ditolak (Ha diterima). Kata Kunci: Kegiatan Bermain Bongkar Pasang, Perkembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun ABSTRACT In early childhood learning activities, playing unloading activities is an important element that can improve children's thinking skills in creating ideas and can increase children's imagination so that children's creativity will develop well. Creativity is a person's thinking ability to generate new ideas or produce solutions to problems that are relatively different from what has been there before. This research aims to determine (1) the implementation of the activity of playing and unloading pairs of children aged 5-6 years in RA Zahratul Hayah, Binjai Estate Village, Binjai Selatan District, Binjai City, (2) the development of creativity of children aged 5-6 years at RA Zahratul Hayah, Binjai Estate Village Binjai Selatan Subdistrict, Binjai City, (3) a significant effect of loading and unloading activities on the creativity development of children aged 5-6 years in RA Zahratul Hayah, Binjai Estate Village, Binjai Selatan District, Binjai City. This research is a quantitative study, the population in this study were all students aged 5-6 in RA Zahratul Hayah, Binjai Estate Village, Binjai Selatan District, Binjai City in the academic year 2020/2021, totaling 26 people. And the sample of this research is 26 students. The variables in this study consisted of variable (X) loading and unloading play activities and the development of creativity of children aged 5-6 years (Y). The results showed that the significant influence between (1) the loading and unloading activities at RA Zahratul Hayah can be proven by the value obtained, namely P = 75.57%. (2) The development of creativity of children aged 5-6 years at RA Zahratul Hayah can be proven by the value obtained, namely P = 77.01%. (3) The effect of loading and unloading activities on the development of children's creativity in RA Zahratul Hayah, Binjai Estate Subdistrict, Binjai Selatan District, Binjai City as evidenced by the value of rxy = 0.74, (with a high level of correlation). From the above calculations, it is obtained tcount = 5, 38 then zcount is confirmed to t table = 1.70. From the t value and t table obtained above, it can be concluded that tcount> t table, then H0 is rejected (Ha accepted).
PENERAPAN METODE AL-HIRA’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA PADA MATA PELAJARAN Al-QUR’AN HADIS DI KELAS VIIII MTs TARBIYAH WALADYAH PULAU BANYAK Ahmad Fuadi; Nurdisdamarayani; Nadwa Mumtahana
Educandumedia: Jurnal Ilmu pendidikan dan kependidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Agustus 2022
Publisher : Yayasan Insan Cipta Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61721/educandumedia.v1i1.4

Abstract

Penelitian ini menerapkan Metode Al-Hira’ untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII MTs Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 MTs Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak yang berjumlah 38 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dan untuk meningkatkannya dengan menggunakan metode Al-Hira’. Sebelum menerapkan metode Al-Hira’, bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an siswa masih dikategorikan kurang mampu, yang meliputi kurang mampu mengenali huruf hijaiyah serta kemampuan menyambung bacaan-bacaan huruf hijaiyah. Hal ini hasil dari wawancara, observasi dan pada pre test siswa yang tuntas berjumlah 16 orang dengan ketuntasan klasikalnya 42,10% dan siswa yang tidak tuntas berjumla 22 orang ketuntasan klasikalnya 57,89%, dengan rata-rata kelas 64,73. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode tes dan observasi disetiap akhir siklusnya untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di kelas VIII dengan menggunakan metode Al-Hira’. Setelah data penelitian dikumpulkan dan dianalisis. Pada siklus I berjumlah 24 orang yang tuntas dengan presentase 63,15%, dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 14 orang dengan presentase 36,84%. Dengan nilai rata-rata kelas 73,68. Sedangkan pada siklus II diketahui berjumlah 32 orang yang tuntas dengan ketuntasan klasikalnya 84,21%, dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 6 orang dengan ketuntasan klasikalnya 15,78%. Dengan nilai rata-rata kelas 82,5. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 20,78%. Dengan demikian, berdasarkan hasil ketuntasan klasikal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Al-Hira’ dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswapada mata pelajaran Al-Qu’an Hadis di kelas VIII MTs Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak sebesar 80%.
PENGARUH KEGIATAN MENDONGENG TERHADAP PENINGKATAN AKHLAKUL KARIMAH ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B DI RA AISYIYAH CENGKEH TURI KOTA BINJAI Erna Wati
Educandumedia: Jurnal Ilmu pendidikan dan kependidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Agustus 2022
Publisher : Yayasan Insan Cipta Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61721/educandumedia.v1i1.5

Abstract

Permasalahan ini mengkaji tentang tiga hal, pertama: Bagaimana pelaksanaan kegiatan mendongeng pada Anak Usia Dini Pada Kelompok B Di Ra Aisyiyah Cengkeh Turi Kota Binjai? Kedua: Bagaimana peningkatan akhlakul karimah pada Anak Usia Dini Pada Kelompok B Di Ra Aisyiyah Cengkeh Turi Kota Binjai? Ketiga: Apakah terdapat pengaruh kegiatan mendongeng terhadap peningkatan akhlakul karimah Anak Usia Dini Pada Kelompok B Di Ra Aisyiyah Cengkeh Turi Kota Binjai. Penelitian ini dikaji dalam bentuk kuantitatif dengan pendekatan pedagogik. Sedangkan analisis data dilakukan secara product moment. Adapun sampel yang digunakan berjumlah 30 orang dengan alat pengumpulan dan perekaman data menggunakan angket yang diberikan kepada orangtua anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan Pelaksanaan kegiatan mendongeng pada Anak Usia Dini Pada Kelompok B Di Ra Aisyiyah Cengkeh Turi Kota Binjai tergolong tepat, dengan persentase jawaban responden sebesar 73,20%. Peningkatan akhlakul karimah pada pada Anak Usia Dini Pada Kelompok B Di Ra Aisyiyah Cengkeh Turi Kota Binjai berada pada kualifikasi tinggi, dengan persentase jawaban responden sebesar 70,41%. Terdapt pengaruh kegiatan mendongeng terhadap peningkatan akhlakul karimah pada Anak Usia Dini Pada Kelompok B Di Ra Aisyiyah Cengkeh Turi Kota Binjai dengan nilai product moment sebesar 0,328 dengan tingkat pengaruh yang rendah
PERAN ORANG TUA DALAM MEWUJUDKAN GENERASI MILENIAL YANG GOOD CITIZENSHIP DI LAUT DENDANG Kaulan Karima, Muhammad; Rahmadani, Aulia; Utami, Putri; Bayu , Silvana; Amelia Putri, Winda; Risma Handayani; Aulia Putri, Devita; Amelia Rika; Khairani, Aulia; Hasanah, Nurul; Aripa Hasanah , Nur
Educandumedia: Jurnal Ilmu pendidikan dan kependidikan Vol. 1 No. 3 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Insan Cipta Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61721/educandumedia.v1i2.18

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam mewujudkan generasi milenial yang good citizenship di desa Laut Dendang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan instrumen penelitian melalui wawancara.  Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa orang tua sangat berperan penting dalam mewujudkan generasi milenial  yang good citizensip. Terdapat empat peran penting orang tua dalam mewudkan generasi  milenial yang good citizenship, pertama sebagai teladan bagi anaknya, kedua orang tua sebagai pemberi nilai keagamaan, ketiga sebagai fasilitator dan terakhir sebagai pemberi arahan atau pemberi nasehat.
PEMANFAATAN TEKNOLOGI OLEH GENERASI MILENIAL DI DESA LAUT DENDANG Ahmad Faudi; Fadillah Putri Adeana; Afrida Juliani; Abyena Hafza; Kartika Suci Ramadhani; Muhammad Fiqri Alwi; Putri Rizky; Raya Marcela; Sindy Adella; Siti Amalia Daulay; Yunizar Ritonga; Zahra Azzura Jaffa
Educandumedia: Jurnal Ilmu pendidikan dan kependidikan Vol. 1 No. 3 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Insan Cipta Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61721/educandumedia.v1i2.29

Abstract

The purpose of this study was to determine the role and government of the village towards the Millennial Generation in Laut Dendang Village. The method used in this study is a qualitative method with data collection techniques in this study using the methods of observation, interviews, and documentation. This is in accordance with the research objective to analyze the role of the village government of Laut Dendang towards the millennial generation. Based on the results of the study, it can be concluded that the role of the Laut Dendang Village Government towards the Millennial Generation in the village is to be able to manage public finances, mobilize community participation and the younger generation in the implementation of development, mobilize community participation and the younger generation in creating public order and security, and follow involve the younger generation in empowerment. Therefore, the village government includes the role of the millennial generation in the development of various tours in Laut Dendang Village, with the aim that the millennial generation can learn to manage and even improve tourism so that it develops more rapidly.
PERAN PEMERINTAH DESA TERHADAP GENERASI MILENIAL DI LAUT DENDANG Satriyadi; juliani, afrida; Fadillah Putri Adeana; Masriana; Aulia Rahman; Alda Putriana; Hasimah Harahap; Khairun Nisa; Muhammad Nuryansyah Nugraha; Sri Rahmayanti Berutu; Tia Anggraini Silalahi; Tiara Paramita Purba
Educandumedia: Jurnal Ilmu pendidikan dan kependidikan Vol. 1 No. 3 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Insan Cipta Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61721/educandumedia.v1i2.33

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran dan Pemerintah Desa Terhadap Generasi Milenial di Desa Laut Dendang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hal ini sesuai dengan tujuan penelitian untuk menganalisis peran pemerintahan desa laut dendang terhadap generasi milenial. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa Peran Pemerintahan Desa Laut Dendang terhadap Generasi Milenial di desa tersebut adalah dapat mengelola keuangan kemasyarakatan, menggerakkan partisipasi masyarakat maupun generasi muda dalam pelaksanaan pembangunan, menggerakkan partisipasi masyarakat dan generasi muda dalam menciptakan ketertiban dan keamanan masyarakat, serta mengikut sertakan generasi muda dalam pemperdayaan. Maka dari itu, Pemerintah desa mengikut sertakan peranan generasi milenial dalam pembangunan berbagai wisata yang ada di Desa Laut Dendang, dengan tujuan agar para generasi milenial bisa belajar mengelola bahkan meningkatkan wisata agar lebih berkembang lebih pesat.
UPAYA ORANG TUA DALAM MEWUJUDKAN GOOD CITIZENSHIP DI DESA MEDAN ESTATE Fitriani Manurung; Putra Kaya Harahap, M. Abrar; Sabina Khairunnisa; Fitri Ramadhani; Reyhan Prayudha; Amandha Fhadillah Siregar; Aviva Hanum; Laila Nadya; Zahroddar; Nur Rahma Bone; Zelma Azahra
Educandumedia: Jurnal Ilmu pendidikan dan kependidikan Vol. 1 No. 2 (2022): Agustus 2022
Publisher : Yayasan Insan Cipta Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61721/educandumedia.v1i2.49

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya orang tua dalam mewujudkan generasi milenial yang good citizenship di Desa Medan Estate. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan instrument penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa upaya orang tua sangat penting dalam mewujudkan generasi milenial yang good citizenship. Upaya yang bisa dilakukan orang tua untuk menerapkan generasi millenial yang good citizenship adalah dengan memberikan pendidikan akidah kepada anak, menanamkan pendidikan ibadah kepada anak,dan mengajarkan pendidikan akhlakul karimah kepada anak.
PERAN MASYARAKAT DALAM MEWUJUDKAN GENERASI MILENIAL YANG GOOD CITIZENSHIP DI PERCUT SEI TUAN Heru Hermawan; Aina, Tasha; Andini zahara simanjuntak; Luthfi Adam lubis; Naila Audiva Hutasuhut; Nur Hasana Ramadhani; Latifah Siregar; Fitri Syakira Ridwan; Kholila HRP; Faisal Rahman Hutapea; Rini Anggraini Br Siregar
Educandumedia: Jurnal Ilmu pendidikan dan kependidikan Vol. 1 No. 3 (2022): Desember 2022
Publisher : Yayasan Insan Cipta Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61721/educandumedia.v1i2.50

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran masyarakat dalam mewujudkan generasi milenial yang good citizenship di Percut Sei Tuan . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan instrumen penelitian melalui wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan Terdapat empat peran penting masyarakat dalam mewujudkan generasi milenial yang good citizenship Pertama sebagai panutan bagi masyarakat, kedua sebagai pemberi arahan positif bagi masyarakat , ketiga sebagai donatur untuk kegiatan masyarakat , keempat sebagai contoh yang baik bagi masyarakat.