Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah program entrepeneurship yang telah di implementasikan dapat meningkatkan life skillĀ dan kemandirian para santri arahan bantu dan santri mandiri Pondok Perkampungan Ainul Yakin Gunung Kidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan fokus pada studi kasus di Pondok Perkampungan Ainul Yakin Gunung Kidul. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Subjek penelitian adalah anak-anak disabilitas dari klasifikasi arahan bantu dan mandiri yang telah mengikuti program entrepreneurship di Pondok Perkampungan Ainul Yakin Gunung Kidul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program entrepreneurship telah berhasil dalam meningkatkan life skillĀ dan kemandirian anak disabilitas. Mereka menunjukkan peningkatan dalam keterampilan interpersonal, problem-solving, dan kemandirian dalam kegiatan sehari-hari. Studi ini menunjukkan bahwa program entrepreneurship dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kualitas hidup anak disabilitas. Penelitian ini merekomendasikan agar lebih banyak lembaga pendidikan yang menerapkan program serupa untuk membantu anak-anak disabilitas mencapai potensi mereka. Anak disabilitas merupakan individu yang memiliki perbedaan dalam beberapa aspek, seperti fisik, mental, intelektual, atau sensorik. Anak disabilitas seringkali mengalami keterbatasan dalam keterampilan dan kemandirian yang diperlukan mereka untuk menjalani kehidupan bersosial serta bermasyarakat melalui kegiatan entrepreneurship, anak-anak dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.
Copyrights © 2024