ABDIMAS SILIWANGI
Vol. 7 No. 3 (2024): Oktober 2024

Modul projek, terdiferensiasi, platform propepa: pendampingan untuk personalisasi pembelajaran P5 di Sekolah Dasar

Dwi Puspita, Ryan (Unknown)
Herdiana Althaftazani, Deden (Unknown)
Firmansyah, Dida (Unknown)
Susanti, Dini (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah melakukan pendampingan untuk personalisasi pembelajaran P5 di sekolah dasar (SD) melalui penyusunan modul projek berorientasi terdiferensiasi berbantuan Platform ProPePa. PKM ini dilakukan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencanaan dilakukan melalui kegiatan wawancara untuk mengetahui kebutuan mitra dan dilakukan juga persiapan materi serta kelengkapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan workshop dan tahapan evaluasi dilakukan dengan pengumpulan produk berupa modul P5. Hasil PKM menunjukkan 90% perserta antusias dalam praktik penyusunan modul P5. Peserta ditugaskan untuk menggunggah modul P5 yang telah disusun ke Platform ProPePa dan dilakukan pemeriksaan kelayakan modul P5 untuk dimuat di Platform ProPePa. PKM ini berimplikasi pada kemudahan guru dalam menggunakan sumber belajar yang tepat khususnya dalam menyusun modul P5 di SD. Modul P5 yang dihasilkan guru ini dapat menjadi inspirasi untuk rekan lainnya dalam menyelenggarakan pembelajaran P5 yang sesuai konteks dan menciptakan personalisasi pembelajaran yang difasilitasi dengan pembelajaran terdiferensiasi di SD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abdimas-siliwangi

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Library & Information Science Social Sciences

Description

Journal of Abdimas Siliwangi IKIP Siliwangi aims to publish the results of the study of learning theory, the results of community service in the field of education. The manuscripts contained in this journal include the study of theories in the field of teaching and learning process education, as ...