Lemma: Letters of Mathematics Education
Vol 11, No 1 (2024): Lemma: Letters of Mathematics Education

PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Syuhada, Nur (Unknown)
Rahmi, Rahmi (Unknown)
Yuliana Fitri, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perubahan yang signifikan dari minat  dan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan pembelajaran berdiferensiasi serta pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar setelah diterapkan pembelajaran berdiferensiasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Negeri 6 Padang. Jenis pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, berdasarkan pertimbangan guru matematika pada kelas XI, peserta didik TJKT masih memiliki minat dan hasil belajar yang tergolong rendah. Sehingga dipilih peserta didik XI TJKT sebagai sampel eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket minat belajar dan tes berbentuk soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji mann whithney, uji t dan regresi linier sederhana. Hasil uji mann whitney dengan perhitungan SPSS diperoleh nilai sig = 0,94 yang menandakan tidak terdapat perubahan signifikan terhadap minat belajar setelah diterapkan pembelajaran berdiferensiasi. Hasil uji t dengan diperoleh nilai sig = 0,000 yang menandakan terdapat perubahan signifikan terhadap hasil belajar setelah diterapkan pembelajaran berdiferensiasi. Hasil uji regresi linier sederhana diperoleh nilai sig = 0,544 yang menandakan tidak terdapatpengaruh minat terhadap hasil belajar setelah diterapkan pembelajran berdiferensiasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Lemma : Letters of Mathematics Education (2407-4527) (2460-1047) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal published twice a year (June and November) by Prodi Pendidikan ...