Lemma: Letters of Mathematics Education
Vol 11, No 1 (2024): Lemma: Letters of Mathematics Education

ANALISIS BIBLIOMETRIK PADA TREN PENELITIAN EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Khusna, Hikmatul (Unknown)
Ulfah, Syafika (Unknown)
Miatun, Asih (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tren penelitian ESD pada pembelajaran matematika dari artikel yang dikumpulkan dari database scopus. Proses pencarian data dimulai dengan memasukan kata kunci dan logika Boolean “OR” dan “AND” serta menerapkan filter yang spesifik pada jenis dokumen. Kata kunci yang digunakan adalah “sustainable development” OR “education sustainable development” OR “sustainable mathematics” AND “mathematics teaching” OR “mathematics education” OR “mathematics learning”. Dari hasil pencarian didapatkan 93 artikel yang relevan kemudian artikel dianalisis menggunakan R-studio untuk mengidentifikasi tahun artikel diterbitkan, jumlah artikel yang diterbitkan pada tiap tahunnya, daftar jurnal penerbit artikel, penulis dan institusi penulis, analisis distribusi artikel berdasarkan jurnal, jumlah sitasi dalam artikel, negara dengan publikasi terbanyak, dan analisis word cloud. Temuan dari penelitian ini yaitu terdapat 93 artikel yang diterbitkan pada tahun 2007-2024. Tahun 2017-2024 terjadi peningkatan sebesar 84,95% dari total artikel bertema ESD dalam pembelajaran matematika. Terdapat 10 jurnal terbanyak yang menerbitkan artikel bertema ESD dalam pembelajaran matematika. Jurnal Sustainability (Switzerland) merupakan jurnal terbanyak menerbitkan artikel. Terdapat 10 penulis teratas bertema ESD dalam pembelajaran matematika yaitu Anne Vintere dari Latvia University of Life Sciences and Technologies sebanyak 4 artikel. Terdapat 10 afiliasi teratas terkait tema ESD dalam pembelajaran matematika. Afiliasi tertinggi yaitu Latvia University of Life Sciences and Technologies. Terdapat negara dengan ingkat produktifitas tertinggi, yaitu Spanyol, Amerika Serikat, Tiongkok, Indonesia, Chile, dan Latvia. Terdapat kata kunci yang sering digunakan yaitu “sustainable development”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal-lemma

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Lemma : Letters of Mathematics Education (2407-4527) (2460-1047) is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the field of mathematics education. This journal published twice a year (June and November) by Prodi Pendidikan ...