INOVASI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat
Vol 4, No 2 (2024): INOVASI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat

Berdaya Muda: Literasi Digital untuk Penyandang Disabilitas Usia Produktif di Makassar

Furqan, Rahmatul (Unknown)
Wardanhi, Sartika Sari (Unknown)
Bustamin, Anugrayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2024

Abstract

Abstrak. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital bagi penyandang disabilitas usia produktif di Kota Makassar melalui pelatihan yang inklusif dan aksesibel. Pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari, dari 16-18 September 2024, berkolaborasi dengan PERDIK Kota Makassar dan diikuti oleh 40 peserta. Materi pelatihan mencakup penggunaan perangkat digital, pemanfaatan assistive technology, etika berkomunikasi di dunia maya, serta strategi menganulir berita palsu (hoax) dan kejahatan siber. Hasil dari pelatihan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta, dengan 95% peserta mampu memahami penggunaan perangkat digital dengan benar dan aman, serta 80% di antaranya siap menjadi pelatih bagi rekan sejawat. Pelatihan ini juga berhasil meningkatkan kesadaran dan kepercayaan diri peserta dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pemberdayaan ekonomi dan sosial. Luaran dari kegiatan ini berupa tersedianya modul pelatihan digital yang aksesibel serta peningkatan kapasitas internal organisasi PERDIK Kota Makassar, yang diharapkan dapat mendukung keberlanjutan pelatihan literasi digital di masa mendatang. Kata Kunci: Disabilitas, Pelatihan, Digital; Literasi; Muda

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

inovasi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: Education for ...