Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID)
Vol. 6 No. 2 (2024): September 2024

PENGARUH KOLEKSI PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT KUNJUNG PESERTA DIDIK

Mentari Fajariyatul Islamiyah (Unknown)
Tatang Ibrahim (Unknown)
Heny Mulyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan koleksi perpustakaan di MTs dan MA Ar-Rosyidiyah Kota Bandung 2) mendeskripsikan minat kunjung siswa MTs dan MA Ar-Rosyidiyah Kota Bandung 3) menganalisis pengaruh koleksi perpustakaan terhadap minat kunjung siswa MTs dan MA Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui pengukuran model skala likert yang terdiri dari empat jawaban pilihan kepada 86 responden. Teknik analisis data menggunakan menggunakan uji instrument (validitas dan reabilitas), analisis statistik deskriptif (analisis parsial indikator dan interpretasi hasil), analisis asumsi (uji normalitas dan linearitas), uji hipotesis (uji regresi linear sederhana, uji T, dan uji koefisien determinasi).Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Koleksi perpustakaan di MTs dan MA Ar-Rosyidiyah (Variabel X) memperoleh nilai rata-rata 2,77 berada dalam skala interval 2,60-3,39 yang mana termasuk kategori cukup. 2) Minat kunjung peserata didik di MTs dan MA Ar-Rosyidiyah (Variabel Y) memperoleh nilai rata-rata 2,78, berada dalam skala interval 2,60 – 3,39 yang mana termasuk kategori cukup. 3) hasil keseluruhan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan. Hal ini dibuktikan dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 11.491 > 1,663, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi (R square) diperoleh hasil koefisien determinasi sebesar 0,607, dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara variabel X (Koleksi Perpustakaan) terhadap variabel Y (Minat Kunjung) sebesar 60,7%, dan sisanya sebesar 39,3% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmpid

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, provides researchers and professionals from education with the opportunity to discuss the most demanding issues regarding the development and innovation to increase the quality of Islamic educational management. Similarly, it addresses the increasingly ...