Latar belakang: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manfaat pelaksanaan Program Kampus Mengajar yang merupakan bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di SDN 79 Sungai Duren. Program ini melibatkan mahasiswa dalam kegiatan pengajaran di sekolah dasar untuk meningkatkan kualitas pendidikan, baik bagi siswa, guru, maupun masyarakat sekitar. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, mahasiswa yang terlibat, serta observasi langsung terhadap kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Hasil penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Kampus Mengajar memberikan berbagai manfaat yang signifikan, antara lain: (1) Meningkatkan literasi dan numerasi (2) Membantu Adaptasi Teknologi (3) Membantu berjalannya proses Administrasi. Kesimpulan: Secara keseluruhan, program ini berhasil memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan di SDN 79 Sungai Duren, baik dari sisi akademik maupun non-akademik. Penelitian ini menyarankan agar Program Kampus Mengajar diperluas dan diprioritaskan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di berbagai daerah.
Copyrights © 2024