PANDALUNGAN : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 3 No 1 (2024): Oktober

PEMANFAATAN APLIKASI CANVA UNTUK MENGENALKAN HURUF DI TK DEWI MASYHITHOH III CAKRU

Komarullah, Hafif (Unknown)
Mukarromah, Lailatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang usianya mulai 0-6 tahun. Usia 0-6 tahun sangat efektif untuk memberikan stimulasi pendidikan untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Pemberian pendidikan yang utama pada anak usia dini pengenalan huruf. Pengenalan huruf pada anak usia dini sangatlah penting untuk komunikasi pada teman sebayanya atau dengan orang dewasa. Pengenalan huruf dengan media digital mempermudah pelafalnya pada anak usia dini. Media digital yang digunakan pada anak usia dini media audio dan visul. Pengabdian ini dilaksanakan di TK Dewi Masyhitoh III Cakru berdasarkan tempat digunakan dalam penelitian ini metode EBR dengan tahapan ECA-EVARED (Exploration, Creation, Action, Evaluation, and Dissemination) analisis data yang digunakan menggunakan kuantitatif deskribtif. Hasil yang didapatkan oleh peneliti dalam indikator kemampuan mengenal huruf adalah 55% berkembang sangat baik dan kemampuan menirukan huruf 70% berkembang sangat baik. Terdapat 5% anak belum berkembang. Sebagai pendidik tetap memberikan motivasi dan semangat belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pandalungan

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

PANDALUNGAN : Jurnal Pengabdian Masyarakat sebagai jurnal interdisipliner berfokus pada implementasi layanan pengabdian kepada masyarakat dengan metode pengabdian PAR (Participatory Action Research), ABCD (Asset Based Community Development), CBR (Community-Based Research), Empowerment-Based Research ...