Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok teknik modelling untuk meningkatkan self-regulated learning siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis quasi eksperiment design. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Non-equivalent Control Group Design. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Kubang-Kondang. Sampel dalam penelitian ini berjumlh 18 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen skala self-regulated learning yang disusun oleh peneliti. Skala tersebut telah melalui uji validitas dengan menggunakan expert judgment dan dinyatakan valid. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan treatment terdapat perbedaan skor rata-rata pretest dan posttest. Pengujian hipotesis menggunakan hasil uji t diperoleh Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Intervensi yang dapat disimpulkan yakni adanya perbedaan skor self-regulated learning kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat dimaknai bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling efektif untuk meningkatkan self-regulated learning siswa di kelas VIII di MTs. Muhammadiyah Kubang-Kodang Tahun Ajaran 2024/2025
Copyrights © 2024