Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 11 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

STRATEGI BIMBINGAN KELOMLOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) UNTUK MEREDUKSI PERILAKU NOMOPHOBIA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BOJONG TAHUJ AJARAN 2024/2025

Rahmawati, Siti Anisa (Unknown)
Fikriyani, Devi Nurul (Unknown)
Delano, Vasco (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2024

Abstract

Nomophobia menjadi salah satu permasalahan baru yang muncul dalam dunia pendidikan, karena siswa yang memiliki nomophobia ini sangat berpengaruh terhadap proses belajar, bukan hanya mengalami kecemasan pada saat belajar akan tetapi dapat mengakibatkan menurunnya prestasi, kurangnya rasa minat dalam belajar, mengabaikan tugas-tugas sekolah, fokus pada smartphone sehingga lupa waktu serta kurangnya interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan rational emotive behaviourr theraphy (REBT) untuk mereduksi perilaku nomophobia siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis Quasy eksperimental Disgn. Sampel dan populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bojong siswa dibagi kedalam dua kelompok, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen dengan pemberian treatmentbimbingan kelompok pendekatan rational emotive behaviour theraphy (REBT) sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan treatment. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diberikan treatment terdapat perbedaan skor rata-rata pre test dan post test. Pengujian hipotesis menggunakan hasil uji t diperoleh Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Interfensi yang dapat disimpulkan yakni adanya perbedaan skor nomopobia kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian dapat dimaknai bahwa bimbingan kelompok dengan pendekatan rational emotive behaviour teraphy (REBT) untuk mereduksi nomophobia siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Bojong atau Ha diterima dan Ho ditolak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...