Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 10 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH IPAS KELAS V SD

Sarina, Imelda Mulya (Unknown)
Yasa , Arnelia Dwi (Unknown)
Triwahyudianto, Triwahyudianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2024

Abstract

Sebagian besar siswa kurang aktif dalam pembelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah IPAS kelas V di salah satu SDN di Kota Malang serta kendala yang dihadapi siswa dan guru dalam proses pembelajaran IPAS. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V-B, dengan kategori siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen pengumpulan data meliputi; observasi, wawancara, soal test dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang kemampuan penalarannya tinggi memenuhi seluruh indikator, siswa yang berkemampuan sedang memenuhi tiga indikator, dan siswa yang berkemampuan rendah hanya memenuhi dua indikator. Kendala yang dihadapi antara lain adalah kesulitan guru dalam mengalokasikan waktu yang cukup untuk pembelajaran karena jadwal yang padat dan banyaknya materi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...