Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 12 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Peran School Branding dalam Implementasi Manajemen Strategik untuk Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam

Fitria, Ufik Rohmatul (Unknown)
Chotimah, Chusnul (Unknown)
Sulistyorini, Sulistyorini (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

Era disruptif ditandai dengan perubahan yang sangat cepat. Teknologi baru muncul terus-menerus, model bisnis berubah, dan preferensi konsumen pun ikut bergeser. Lembaga Pendidikan Islam yang tidak mampu beradaptasi dengan cepat akan tertinggal dan kesulitan bertahan. Lembaga yang mampu memanfaatkan peluang ini dengan baik akan tumbuh pesat. Salah satu alat yang dapat dipakai dalam peningkatan kualitas lembaga ini adalah School Branding yang merupakan bagian dari kecenderungan grobal. Dengan semakin ketatnya persaingan antar lembaga pendidikan, baik di tingkat nasional maupun internasional, sekolah-sekolah menyadari pentingnya membangun identitas yang kuat dan membedakan diri dari pesaing. Branding sekolah tidak hanya sekadar membuat logo atau slogan, tetapi merupakan upaya yang lebih komprehensif untuk menciptakan citra positif di mata masyarakat, calon siswa, dan pemangku kepentingan lainnya. School Branding, manajemen strategis, dan daya saing merupakan tiga konsep yang saling terkait dan saling mendukung dalam upaya meningkatkan kualitas dan keberhasilan lembaga pendidikan Islam. Dengan menggabungkan ketiga konsep ini, lembaga pendidikan Islam dapat membangun citra yang positif, menarik minat calon siswa, dan mencapai tujuan jangka panjangnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...