Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 12 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAME EDUCANDY TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 36 BANDA ACEH

Lorena, Irma Sari (Unknown)
Mislinawati, Mislinawati (Unknown)
Hasniyati, Hasniyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Pada pelajaran Pendidikan Pancasila masih terdapat siswa yang memiliki hasil belajar rendah, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata siswa belum mencapai nilai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Salah satu penyebab hasil belajar rendah karena penggunaan media pembelajaran yang diterapkan oleh guru belum bervariasi. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila khususnya materi Keanekaragaman Suku dan Budaya di Lingkungan Sekitar adalah media pembelajaran edukasi berbasis game educandy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media game educandy terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan pancasila pada siswa kelas IV SD Negeri 36 Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental design berupa one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 36 Banda Aceh, pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pretest dan posttest, teknik analisis data berbantu SPSS uji-t paired sample test. Hasil penelitian ini diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka kriteria pengambilan keputusan yaitu Hₐ diterima dan Hₒ ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat signifikansi pengaruh penggunaan media game educandy terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan pancasila pada siswa kelas IV SD Negeri 36 Banda Aceh.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...