Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk penerapan strategi tahsīn al-qirāah dalam pembinaan kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam semester VIII di STAI DDI Jeneponto Tahun 2023. Jenis riset ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Penulis secara khusus menggunakan pendekatan fenomenologi yang berkaitan langsung dengan fenomena yang terjadi, peneliti mengidentifikasi pengalaman manusia mengenai suatu fenomena tertentu, maka dari proses ini peneliti mendeskripsikan gejala yang berasal dari pengalaman-pengalaman subjek. Selain itu peneliti juga menggunakan pendekatan psikologis. Adapun instrument kunci adalah peneliti itu sendiri sebagai. Teknk pengolahan data dan analisis data yang digunakan pada penelitiam ini adalah 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data 3) Penyajian data, 4) Penarikan kesimpulan. Adapun pengujian keabsahan data dalam penelitian ini adalah 1) Ketekunan pengamatan, 2) Triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi tahsīn al-qirāah dilaksanakan pada saat mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam semester VIII tahun 2023 melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Setiap posko KKN sudah disiapkan pembimbing tahsīn al-qirāah yang akan membina mahasiswa dalam memperbaiki bacaan al-Qur’annya. Kegiatan tahsīn al-qirāah tidak mengganggu program kerja yang telah direncakan oleh para mahasiswa karena kegiatan pembinaan tersebut dilaksanakan pada waktu subuh. Implikasi penelitian ini dapat dinarasikan bahwa dosen STAI DDI Jeneponto harus memaksimalkan pembinaan kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam. Proses pembinaan tahsīn al-qirāah harus dilakukan secara sadar dan terarah sehingga tujuan pembinaan dapat tercapai
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024