Jurnal Informatika Polinema (JIP)
Vol. 11 No. 1 (2024): Vol. 11 No. 1 (2024)

Rancang Bangun Non-Playable Character dalam Game Berbasis 3D Menggunakan Metode Algoritma A*

Zulkarnain, Ismail Abdurrozzaq (Unknown)
Astuti, Indah Puji (Unknown)
Turuzi , Ridho Fadhullah Lava (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Game adalah sebuah permainan yang dimainkan dengan tujuan untuk bersenang-senang atau refreshing dengan memiliki beberapa aturan dalam melakukan permainan di dalamnya. Ada 2 jenis game yang dilihat dari sudut pandang pemain, yaitu NPC (Non-Playable Character) dan MC (Main Character). Dalam game, terdapat karakter Non-Playable Character yang berfugnsi untuk dapat membantu atau meramaikan suasana dalam permainan. Tidak dikendalikan oleh pemain, melainkan oleh program komputer yang disebut Artificial Intelligence. Dimana sistem ini memungkinkan Non-Playable Character melakukan tindakan atau pergerakan tertentu dalam suatu permainan. Navmesh merupakan sebuah komponen yang dapat mendukung dalam menentukan pencarian jalur untuk menuju ke target atau titik tujuannya. Algoritma A* merupakan sebuah algoritma yang digunakan untuk menentukan jalur terpendek dari suatu titik menuju titik lainnya dengan mengkalkulasikan seluruh jalur yang memungkinkan untuk dilalui kemudian mengambil nilai jalur terpendek dari salah satu jalur tersebut sebagai jalur yang akan di lalui oleh Non-Playable Character. Peforma Non-Playable Character akan sangat dipengaruhi oleh metode atau algoritma yang digunakan. Pemilihan metode atau algoritma yang kurang tepat didalam mengimplementasikan pada Navmesh akan mengakibatkan beberapa kegagalan atau keterlambatan dalam melakukan tindakan. Maka dari itu dibuatlah perbandingan Algoritma A* dengan metode lain pada Navmesh pada game 3D untuk menemukan metode atau algoritma terbaik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Library & Information Science

Description

The focus and scope of articles published in JIP (Journal of Informatics Polinema) encompasses the game technology, information system, computer network, computing, which covers the following scope: Game Technology Artificial Intelligence Intelligent System Machine Learning Image Processing Computer ...