Jurnal Informatika Polinema (JIP)
Vol. 11 No. 1 (2024): Vol. 11 No. 1 (2024)

Implementasi Optical Character Recognition (OCR) untuk Meningkatkan Akurasi dan Kecepatan Input Data di Posyandu

Amelia Marshanda (Unknown)
Harijanto, Budi (Unknown)
Rahmad, Cahya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Posyandu adalah salah satu lembaga kesehatan masyarakat yang membutuhkan pengumpulan dan pemrosesan data yang efisien dan akurat untuk keperluan pemantauan dan evaluasi. Namun, proses pengumpulan data di Posyandu saat ini masih dilakukan secara manual dengan mengetikkan informasi langsung ke dalam sistem, yang rentan terhadap kesalahan dan memakan waktu cukup lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem yang mempermudah kader Posyandu dalam proses penginputan data dengan menerapkan teknologi Optical Character Recognition (OCR). Teknologi OCR digunakan untuk mengenali karakter dari teks yang ditulis tangan atau dicetak menjadi format digital yang dapat diproses oleh komputer. Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan data dari alat ukur digital untuk mengukur akurasi dan efisiensi waktu pemrosesan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan mampu mendeteksi karakter pada alat ukur digital dengan rata-rata akurasi sebesar 82% pada jarak 10 cm di dalam ruangan. Selain itu, rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk pemrosesan gambar adalah 2,65 detik per gambar. Berdasarkan hasil tersebut, penerapan teknologi OCR dalam sistem informasi Posyandu terbukti dapat meningkatkan efisiensi penginputan data dengan mempercepat proses dan mengurangi potensi kesalahan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Library & Information Science

Description

The focus and scope of articles published in JIP (Journal of Informatics Polinema) encompasses the game technology, information system, computer network, computing, which covers the following scope: Game Technology Artificial Intelligence Intelligent System Machine Learning Image Processing Computer ...