Isu karakter bangsa tengah menjadi perhatian yang besar bagi seluruh elemen masyarakat. Terorisme dan liberalisme dianggap sebagai dampak dari pemahaman agama yang tidak tepat, oleh karena itu dibutuhkan metode yang tepat dalam menginternalisasi nilai-nilai agama dari usia sedini mungkin, karena usia dini adalah waktu yang tepat dalam pembentukan karakter seseorang. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan menyajikan kegiatan, dan implementasi pendidikan nilai nilai akidah dan akhlak pada anak anak Taman Pendidikan Al-Qur’an. Metode dalam penelitian ini adalah diskriptif dan studi lapangan dengan analisis isi. Penanaman nilai-nilai akidah dan akhlak secara praktis diturunkan pada lima pilar komponen pendidkan yaitu guru, tujuan, materi/isi, metode dan eval__uasi. Kelima pilar komponen tersebut harus senantisa bersinergi dalam proses pelaksanaannya. Dalam implementasinya menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai akidah dan akhlak pada anak anak TPQ memberikan andil dalam membentuk karakter yang baik.
Copyrights © 2024