Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Vol 7 No 2 (2024): Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi

Peran Puspaga Dalam Mencegah Serta Mengatasi Bullying Pada Anak Di Kota Tanjungpinang

Cahyani, Septiana Tri (Unknown)
Feisha, Syah Rani (Unknown)
Nugraha, Daffa Afif (Unknown)
Wahyuni, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini berfokus pada perilaku bullying yang dialami anak-anak, dengan tujuan untuk menggambarkan peran PUSPAGA Gurindam dalam mencegah dan mengatasi bullying melalui sosialisasi, pengaduan, konseling, mediasi, rujukan ke psikolog, dan jalur hukum. Metode penelitian kualitatif digunakan pada data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi melalui pihak yang bersangkutan. Penelitian ini menunjukkan bahwa PUSPAGA Gurindam tidak hanya menangani kasus yang dilaporkan, tetapi juga proaktif dalam upaya edukasi untuk meningkatkan kesadaran anak-anak terhadap bullying. Langkah-langkah mediasi dilakukan untuk menyelesaikan konflik antara pelaku dan korban secara damai. Jika mediasi tidak berhasil, kasus dapat dilanjutkan ke jalur hukum dengan dukungan UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA). Kolaborasi dengan sekolah, keluarga, dan masyarakat menjadi kunci dalam menciptakan lingkungan yang bebas dari bullying dan mendukung perkembangan positif anak. Penelitian ini menyoroti pentingnya pendekatan holistik dan kolaboratif oleh PUSPAGA dalam mengatasi fenomena bullying demi menghasilkan tempat yang aman bagi anak-anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ES

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Edu Sociata adalah jurnal program studi pendidikan sosiologi STKIP Bima yang merupakan jurnal online (online journal system), dimana para dosen dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara berkala. Di jurnal ini para dosen aktif melakukan penelitian sebagaimana tuntutan Tri Dharma Perguruan ...