Pendidikan memiliki peran krusial dalam membentuk karakter dan nilai moral siswa, serta dalam pengembangan potensi manusia secara keseluruhan. Naturalisme sebagai aliran filsafat yang menekankan pada pentingnya lingkungan dan pengalaman konkret dalam pembentukan nilai-nilai moral. Naturalisme dalam konteks pendidikan mendorong pembelajaran yang berorientasi pada pengalaman sehari-hari siswa, menungkinkan untuk mengembangkan padangan etis secara mandiri. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi penerapan prinsip-prinsip naturalisme dalam pembelajaran etika di SD Runiah School Makassar. Metode yang digunakan adalah jenis studi kasus, mengumpulkan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan analisis dokumen kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai naturalisme dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dalam proses pembelajaran yang berfokus pada pengalaman langsung siswa dan mendukung interaksi sosial. Pendekatan ini membantu siswa dalam memahami nilai-nilai moral dan mmembentuk karakter bertanggung jawab dan empatik. Penerapan filsafat naturalisme dalam pendidikan di SD Runiah School memberikan dasar yang kuat bagi pengembangan karakter siswa, mempersiapkan siswa untuk menjadi anggota masyarakat yang berintegritas dan sadar akan tanggung jawab sosial. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan bahwa aliran naturalisme memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan etika siswa, terutama pada tingkat sekolah dasar. Penerapan nilai-nilai naturalisme menjadi fondasi penting dalam mengembangkan etika modern di era globalisasi, sehingga releban dalam menghadapi tantangan moral di lingkungan masyarakat saat ini. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan etika yang berbasis pada pengalaman nyata dapat menghasilkan individu yang tidak hanya berpengetahuan tetapi juga memiliki integritas dan empati tinggi.
Copyrights © 2024