Jurnal PTI (Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi)
Vol. 11 (2024) No. 2

Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Smart Apps Creator di SMP Negeri 04 Sutera

Menrisal, Menrisal (Unknown)
Yunus, Yuiawati (Unknown)
Fanesa, Revaniken (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas media pembelajaran menggunakan Smart Apps Creator (SAC) pada mata pelajaran TIK. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Subjek uji coba produk pada penelitan berjumlah 32 orang. Model penelitian yang digunakan adalah model IDI (Instructional Development Institute). Dengan model pendekatan sistem yang meliputi tiga tahapan, yakni: penentuan, pengembangan, evaluasi. Hasil uji validitas oleh ahli, penelitian secara keseluruhan terhadap aplikasi media pembelajaran interaktif mata pelajaran TIK kelas IX SMPN 04 Sutera valid digunakan karena sudah dilakukan uji penelitian tiga orang validator dengan hasil rata-rata pada pengujian validator yaitu 79.33%. Hasil penelitian secara keseluruhan penilaian uji kepraktisan terhadap media pembelajaran Interaktif mata pelajaran TIK sebesar 80.66% sehingga tingkat kepraktisan dapat diinterprestasikan praktis digunakan. Hasil penelitian secara keseluruhan penilaian uji keefektifan terhadap media pembelajaran interaktif mata pelajaran TIK sebesar 91.63% sehingga tingkat keefektifan dapat diinterprestasikan sangat baik digunakan. Berdasarkan penilaian dan masukan para ahli, serta hasil uji coba lapangan, media pembelajaran menggunakan Smart Apps Creator (SAC) terbukti valid, praktis, dan sangat baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran TIK kelas IX SMPN 04 Sutera.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpti

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal PTI terbit dua kali setahun yaitu, pada bulan Juni dan Desember. Jurnal PTI menerima dan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dari hasil penelitan dan kajian analisis dibidang Pendidikan Teknologi Informasi dan bidang-bidang yang terkait ...