Jurnal Agribisnis Terpadu
Vol 17, No 2 (2024): Jurnal Agribisnis Terpadu

Persepsi Konsumen terhadap Sop Durian di Cafe Durian Woke Serang

Fernanda, Ghea Aisyah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Gunawan, Gugun (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sulaeni, Sulaeni (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Wibowo, Aris Supriyo (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sumantri, Ari Tresna (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Terjadi penurunan penjualan produk sop durian di Cafe Durian Woke. Penurunan ini mengindikasikan adanya persaingan yang ketat dan perbedaan persepsi konsumen terhadap produk sop durian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen dan menganalisis persepsi konsumen terhadap sop durian di Cafe Durian Woke Serang. Atribut produk yang digunakan adalah harga, rasa, aroma, porsi, dan merek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan analisis data yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil penelitian, karakteristik responden dalam persepsi konsumen terhadap sop durian di Cafe Durian Woke adalah sebagian besar konsumen membeli dan mengkonsumsi sop durian di cafe durian woke berdasarkan jenis kelamin perempuan dengan persentase sebesar 86%, berdasarkan usia yaitu 17-26 tahun dengan persentase sebesar 38%, berdasarkan tingkat pendidikan terakhir yaitu sma dengan persentase sebesar 72%, berdasarkan status pekerjaan yaitu ibu rumah tangga dengan persentase sebesar 44%, dan berdasarkan pendapatan yaitu <rp 1 juta dengan persentase sebesar 54%. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan metode ipa, persepsi konsumen terhadap sop durian berdasarkan atribut produk yang terdapat pada kuadran I (prioritas utama) yaitu porsi. Atribut selanjutnya yang termasuk dalam kuadran II (pertahankan prestasi) yaitu harga dan rasa. Atribut yang termasuk dalam kuadran III (prioritas rendah) adalah merek dan aroma. Pada kuadran IV (berlebihan) tidak terdapat atribut sop durian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jat

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Agribisnis Terpadu (JAT) publishes articles directly sourced from research projects, research results/literature studies or case reports in the field of science related to agribusiness, agricultural economics, business and entrepreneurship, agricultural extension & communication and rural ...