Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keberhasilan sistem e-learning BRONE di Magister Ilmu Komputer Universitas Brawijaya berdasarkan Model Delone and McLean (D&M) dan Self-Determination Theory (SDT). Urgensi penelitian ini didasarkan pada pentingnya meningkatkan keberlanjutan penggunaan sistem e-learning dalam mendukung efektivitas pembelajaran di lingkungan akademik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei terhadap 64 mahasiswa aktif, yang dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan secara signifikan memengaruhi kepuasan pengguna dengan koefisien masing-masing sebesar 0,548, 0,324, dan 0,276 (p-value < 0,05). Kepuasan pengguna juga terbukti meningkatkan motivasi intrinsik (koefisien 0,765) dan ekstrinsik (koefisien 0,477). Motivasi intrinsik memiliki pengaruh paling besar terhadap manfaat bersih dengan koefisien 0,584 dibandingkan motivasi ekstrinsik (koefisien 0,322). Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan strategi peningkatan kualitas sistem e-learning, khususnya BRONE, dengan menekankan pada aspek kualitas sistem yang mendukung motivasi pengguna untuk keberlanjutan penggunaan. Selain itu, temuan ini memperkaya literatur terkait evaluasi keberhasilan sistem e-learning melalui integrasi model D&M dan SDT, yang dapat diadaptasi untuk konteks institusi pendidikan lainnya.
Copyrights © 2024