Berbagai pengetahuan dan informasi didapatkan dengan melakukan aktivitas membaca. Membaca dapat diperkenalkan sejak anak usia dini dengan melakukan tahapan awal, yakni membaca permulaan. Membaca permulaan merupakan tahapan awal perkembangan membaca yang sangat penting dalam proses belajar anak. Di SD Negeri Singapadu terdapat sebuah kegiatan untuk membantu peserta didik yang masih kesulitan dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaannya, kegiatan tersebut dinamakan Komunitas Baca. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Oleh karena itu penelitian yang dilakukan oleh peneliti bertujuan untuk dapat mendeskripsikan peranan Komunitas Baca terhadap kemampuan membaca permulaan di SD Negeri Singapadu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan Komunitas Baca peserta didik akan diajarkan melalui 3 tahapan, yakni tahapan pembiasaan, tahapan kegiatan inti dan tahapan evaluasi. Komunitas Baca ini menjalankan peranannya sebagai sebuah komunitas dengan menjadi sebuah pendorong pengembangan diri bagi peserta didik, menjadi lembaga pembangun minat baca, sebagai fasilitator dan motivator serta berperan sebagai agen perubahan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Komunitas baca ini berperan dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai peningkatan yang ditunjukkan oleh peserta didik dalam mengenal huruf, suku kata, kata sampai pada kalimat.
Copyrights © 2024