Risenologi
Vol. 9 No. 2 (2024): Risenologi

Pengembangan Materi Ajar Relasi Makna Redundansi dalam Teks Laporan Hasil Observasi SMP Kelas VIII Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL)

Anastasya Wahyudanti Saputri (Universitas Negeri Jakarta)
Sintowati Rini Utami (Uiniversitas Negeri Jakarta)
Edi Puryanto (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Materi ajar kebahasaan adalah substansi yang disusun secara sistematis untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran bahasa. Pengembangan materi ajar kebahasaan adalah proses sistematis yang dirancang untuk membantu siswa dalam pembelajaran bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui analisis kebutuhan mengenai materi ajar bentuk relasi makna dalam teks laporan hasil observasi berbasis pendekatan kontekstual, (2) untuk membentuk pengembangan materi ajar bentuk relasi makna dalam teks laporan hasil observasi berbasis pendekatan kontekstual, dan (3) untuk menguji validasi ahli dan metodologi materi ajar bentuk relasi makna dalam teks laporan hasil observasi berbasis pendekatan kontekstual agar peserta didik dapat memahami kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks laporan hasil observasi dan yang harus dihindari dalam teks laporan hasil observasi. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan tahapan analisis, rancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini hanya mengadaptasi analisis, rancangan, dan pengembangan. Tahap validasi menyertakan dosen ahli materi dan dosen ahli metodologi. Sampel penelitian ini adalah 95 peserta didik, yang terdiri dari  kelas VIII SMPN 99 Jakarta dan SMPN 232 Jakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Instrumen penelitian berupa lembar angket validasi ahli materi dan ahli metodologi menggunakan skala Likert. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Materi ajar relasi makna redundansi dalam teks laporan hasil observasi berbasis pendekatan kontekstual dinyatakan layak digunakan pada siswa SMP kelas VIII, khususnya dalam capaian menulis. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan tahapan ADDIE, dan hasil evaluasi menunjukkan materi ajar tersebut sangat layak dengan persentase 93%. Materi ini dinilai efektif dan mendapatkan penilaian sangat baik dari ahli materi dan metodologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

risenologi

Publisher

Subject

Chemistry Education Engineering Mathematics Social Sciences

Description

Risenologi (Jurnal Sains, Teknologi, Sosial, Pendidikan, dan Bahasa) memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas penelitian, membangun inovasi, dan mempromosikan penyebaran luas hasil-hasil penelitian ilmiah yang sistematis dalam bidang multidisiplin yang luas. Jurnal ini menerima artikel dalam ...