SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 8, No 4 (2024): December

Penguatan kompetensi digital guru SD Inpres Pir 2 Arso melalui pelatihan pembuatan video pembelajaran berbasis kinemaster

Ristiani, Ria (Unknown)
Rusli, Tiffany Shahnaz (Unknown)
Yuliana, Chelsi (Unknown)
Sukmawati, Sukmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Abstrak Penguatan kompetensi digital guru merupakan kebutuhan mendesak di era transformasi digital pendidikan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru SD INPRES PIR 2 ARSO, Papua, dalam membuat video pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Kinemaster. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari dengan melibatkan 14 guru sebagai peserta. Metode yang digunakan meliputi ceramah interaktif, demonstrasi langsung, praktik mandiri, diskusi kelompok, dan tanya jawab. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman teknologi digital, dari 30% menjadi 85%. Sebanyak 12 dari 14 guru berhasil menyelesaikan video pembelajaran berkualitas baik, dengan 80% video memenuhi standar kualitas yang diharapkan. Kendala utama yang dihadapi meliputi keterbatasan perangkat dan koneksi internet. Kegiatan ini berhasil meningkatkan kompetensi digital guru dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses belajar-mengajar, membuka peluang untuk pengembangan program pelatihan lanjutan di masa mendatang Kata kunci: aplikasi kinemaster; kompetensi guru; literasi digital; video pembelajaran. Abstract Strengthening teachers' digital competence is an urgent need in the era of digital transformation in education. This community service activity aimed to enhance the skills of teachers at SD INPRES PIR 2 ARSO, Papua, in creating interactive educational videos using the Kinemaster application. The training was conducted over 2 days, involving 14 teachers as participants. The methods used included interactive lectures, direct demonstrations, independent practice, group discussions, and question-and-answer sessions. The training results showed a significant improvement in digital technology understanding, from 30% to 85%. Twelve out of 14 teachers completed high-quality educational videos, with 80% of the videos meeting the expected quality successfully standards. The main challenges faced included device limitations and internet connectivity issues. This activity successfully improved teachers' digital competence in utilizing technology to support the teaching-learning process, opening opportunities for the development of advanced training programs in the future. Keywords: digital literacy; educational video; kinemaster application; teacher competence.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...