Abstrak Kelompok Pengolah dan Pemasar (POKLAHSAR) Bali Ulak Karang dan Pantai Gurun yang berada di Kota Padang masih termasuk dalam skala kecil dan menengah. POKLAHSAR ini menggunakan tenaga kerja lepas yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga. Kelompok ini memasok ikan segar sekitar 20 kilogram dan mengolah sekitar 10 kilogram ikan setiap hari. Saat ini, kedua POKLAHSAR menghadapi beberapa permasalahan: (1) Hasil pengolahan produksi ikan yang kurang menarik, (2) Daerah pemasaran hasil produksi hanya untuk pasar lokal Kota Padang dan sekitarnya, dan (3) Mitra belum memiliki legalitas izin BPOM. Untuk mengatasi permasalahan ini, tim pengabdian melakukan beberapa kegiatan: (1) Memberikan pendampingan kepada mitra dalam membuat berbagai produk olahan ikan, (2) Membantu dalam desain merek, logo dan kemasan sehingga produk menjadi lebih menarik dan berkualitas, (3) Memberikan pelatihan dan pendampingan kepada mitra dalam pengurusan izin BPOM, (4) Memberikan pelatihan serta pendampingan pembuatan media promosi online untuk produk yang dihasilkan oleh kedua mitra. Kata kunci: pemasaran; pengolahan ikan; BPOM. Abstract Bali Ulak Karang and Pantai Gurun Processing and Marketing Groups (POKLAHSAR) located in Padang City are small or medium scale. These POKLAHSARs use daily labor, most of whom are housewives. This group supply around 20 kilograms of fresh fish and process around 10 kilograms of fish every day. Currently, both POKLAHSARs are facing several problems: (1) Results of fish processing are less attractive, (2) Marketing for the production results is only for local market, and (3) Partners do not yet have BPOM permit. To overcome these problems, the team carried out several activities: (1) Providing assistance in making various products from processed fish, (2) Assisting in designing brands, logos, and packaging so that products become more attractive and of higher quality, (3) Providing training and assistance to partners in managing BPOM permits, (4) Providing training and assistance in making online promotional media for products produced by the two partners. Keywords: marketing; food processing; BPOM.
Copyrights © 2024