Jurnal Manajemen Pemasaran
Vol. 18 No. 2 (2024): Oktober 2024

ANALISIS CUSTOMER JOURNEY PENGGUNA NOABIKE: STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DAN TRANSPORTASI BERKELANJUTAN DI LABUAN BAJO

Florentinus Darman (Politeknik eLBajo Commodus)
Fitri Ciptosari (Politeknik eLBajo Commodus)
Yohanes Paulus Hanny Wadhi (Politeknik eLBajo Commodus)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis customer journey pengguna aplikasi Noabike di Labuan Bajo, dengan fokus pada peningkatan pengalaman pengguna dan promosi transportasi ramah lingkungan. Noabike adalah layanan penyewaan kendaraan listrik berbasis aplikasi yang berperan penting dalam mendukung mobilitas berkelanjutan di daerah wisata. Melalui pendekatan kualitatif penelitian ini mengeksplorasi lima tahap utama dalam customer journey: Awareness, Interest/Consideration, Decision, Retention, dan Advocacy. Wawancara mendalam dilakukan terhadap 10 pengguna dengan latar belakang yang beragam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial dan word-of-mouth memainkan peran penting dalam meningkatkan kesadaran pengguna, sementara kemudahan akses, keberlanjutan, dan pengalaman pengguna yang positif menjadi faktor kunci dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Strategi pemasaran digital yang kuat, program loyalitas, serta promosi khusus terbukti efektif dalam meningkatkan retensi dan advokasi. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pengembangan layanan transportasi berkelanjutan di kawasan wisata dan mendukung upaya global untuk mengurangi emisi karbon.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mar

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Managemen Pemasaran dipublikasikan secara berkala setiap tahun oleh Program Studi Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra Surabaya. Tujuan Jurnal Manajemen Pemasaran adalah: 1. Menyebarluaskan pengetahuan, penemuan, dan pengembangan ilmu pemasaran secara teori maupun praktis melalui ...