Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA)
Vol 5, No 2 (2024): November 2024

Kecerdasan Buatan Sebagai Sumber Motivasi: Perspektif Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas Akhir

Hilal, Samsu (Unknown)
Yusanto, Yoki (Unknown)
Saylendra, Andree (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran kecerdasan buatan sebagai sumber motivasi bagi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir skripsi. Dengan meningkatnya kompleksitas tugas akademik Dalam konteks peningkatan kompleksitas tugas akademik dan tingginya tekanan pada mahasiswa AI muncul sebagai salah satu alat untuk memberikan bantuan signifikannya dalam proses penelitian dan penulisan. Penelitian ini dilakukan melalui wawancara mahasiswa fakultas pertanian Untirta dari berbagai program studi dengan metode wawancara dan kualitatif. Penelitian ini mencoba untuk mengidentifikasi peranan bagaimana motivasi dapat ditingkatkan dan proses penyelesaiannya tugas akhir semester dapat dipercepat. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa mahasiswa yang menggunakan alat berbasis AI merasa lebih terorganisir dan mudah mengakses informasi dan mendapatkan umpan balik yang konstruktif, yang semuanya membuatnya lebih berinstrinsik bersemangat dalam prosesnya. Temuan ini membuktikan pentingya teknologi AI dalam pendidikan tinggi dan memberikan rekomendasi untuk program AI lanjutan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JP-IPA

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics

Description

JP-IPA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam terbitan STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Mei dan November (dua kali setahun). Jurnal ini adalah jurnal ilmiah yang dapat diakses terbuka yang menerbitkan artikel hasil konseptual dan hasil penelitian empiris pendidikan IPA ...