Indonesian Journal of Education and Development Research
Vol 3, No 1 (2025): Januari 2025

Penggunaan Model Pace Dalam Pembelajaran Bangun Ruang

Siregar, Husnah (Unknown)
Sigalingging, Nursari Wahyuni (Unknown)
Putri, Sasri Agustina (Unknown)
Mailani, Elvi (Unknown)
Ketaren, Maya Alemina (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji penggunaan Model PACE (Pacing, Acceleration, Clarity, Engagement) dalam pembelajaran bangun ruang melalui pendekatan studi literatur. Model PACE, yang berfokus pada pengaturan kecepatan pembelajaran, pemberian tantangan yang sesuai dengan kemampuan siswa, penyampaian materi yang jelas, dan peningkatan keterlibatan siswa, telah banyak diadaptasi dalam berbagai konteks pendidikan untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa. Melalui analisis berbagai sumber literatur, penelitian ini mengidentifikasi bagaimana penerapan Model PACE dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep geometri yang kompleks, seperti volume, luas permukaan, dan sifat-sifat bangun ruang tiga dimensi. Temuan dari studi literatur menunjukkan bahwa aspek pacing memungkinkan penyesuaian materi sesuai dengan kebutuhan individu siswa, sementara akselerasi mendorong penguasaan konsep yang lebih cepat dengan tantangan yang relevan. Kejelasan materi yang disampaikan melalui media visual dan penjelasan sistematis serta keterlibatan aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran terbukti meningkatkan pemahaman mereka terhadap bangun ruang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJEDR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research dengan nomor ISSN terdaftar 3025-2385 (Cetak) dan 3025-2393 (Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research bertujuan untuk ...